-->

MANFAAT, CARA MENGGUNAKAN DAN MASA BERLAKUNYA JAPAN RAIL PASS (JR PASS)

CARA MENGGUNAKAN, MANFAAT DAN MASA BERLAKU JR PASS (JAPAN RAIL PASS) 

CARA MENGGUNAKAN JR PASS
JAPAN RAIL PASS
Jepang dengan semua keunikannya akan selalu menjadi destinasi favorite bagi wisatawan. Dan kalau kamu sudah merencanakan liburan ke Jepang, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai moda transportasi yang nantinya akan kamu gunakan. Untuk lebih memudahkan kamu selama berlibur, gunakanlah Japan Rail Pass atau yang dikenal dengan JR Pass. Ingin lebih tahu manfaat dan cara menggunakan JR pass. Berikut ulasan menarik tentang JR pass.

Apa itu JR Pass (Japan Rail Pass) 
JR pass merupakan tiket jalur kereta api jarak jauh yang digunakan di Jepang.  Tiket ini hanya bisa digunakan oleh wisatawan mancanegara menurut undang-undang imigrasi Jepang.

Ketentuan  menggunakan JR Pass

  • Orang jepang yang tinggal diluar negeri dan orang jepang yang menikah dengan orang non jepang, yang tinggal diluar negeri.
  • Wisatawan yang memegang visa temporary visitor selama 15 hari hingga 90 hari.

JR Pass berlaku untuk :
1. JR Trains
Pass ini bisa digunakan untuk hampir semua jenis kereta yang dioperasikan oleh JR seperti Shinkansen (Kecuali Nozomi Shinkansen dan Mizuho Shinkansen), Limited Express, Express, Rapid, dan kereta lokal.

Pada umumnya, saat travel ke Jepang, beberapa kali penggunaan Shinkansen, Limited Express, dan Narita Express (N'EX) saja sudah cukup menguntungkan bagi pengguna JR Pass.

2. Tokyo Monorail ke/dari Haneda Airport.

3. JR Ferry ke Pulau Miyajima di Hiroshima.

4. Non-JR Trains untuk mengakses JR-Train yang jalurnya terisolir.
Dengan catatan, JR Pass hanya bisa digunakan di stasiun-stasiun yang sudah ditentukan. Contoh Non-JR Trains yang bisa digunakan adalah:
a. Aomori Railway. Jalur antara Aomori, Noheji, dan Hachinohe. Digunakan untuk mengakses JR Ominato Line yang menuju ke Shimokita Peninsula.
b. IR Ishikawa Railway. Jalur antara Kanazawa dan Tsubata. Digunakan untuk mengakses JR Nanao Line yang menuju ke Noto Peninsula.
c. Ainokaze Toyama Railway. Jalur antara Toyama dan Takaoka. Digunakan untuk mengakses JR Himi Line dan JR Johana Line.

5. Local JR Bus, kecuali Highway Bus.
a. Yamaguchi - Hagi
b. Kyoto Station - Ryoanji - Takao
c. Kanazawa Station - Kenrokuen
d. JR Bus ke Danau Towada
e. JR Tourist Loop Bus di Hiroshima
f. JR City Bus seputar Sapporo
g. JR Local Bus ke Kusatsu Onsen

JR Pass tidak berlaku untuk :
1. Nozomi trains sepanjang Tokaido dan Sanyo Shinkansen tidak tercover oleh Japan Rail Pass. Namun sebagai pemegang Japan Rail Pass, kamu dapat menggunakan Hikari Trains di sepanjang jalur yang sama.

2. Kereta Hikari berhenti di banyak pemberhentian daripada Nozomi Shinkansen. Dan juga laju kereta hikari lebih lambat daripada Nozomi.
Sehingga karena tidak tercover dengan JR Pass bagi kamu yang ingin menggunakan kereta Nozomi harus membayar dengan ongkos penuh.

3. Mizuho trains sepanjang Sanyo / Kyushu Shinkansen juga tidak tercover oleh Japan Rail Pass. Tetapi Japan Rail Pass masih bisa menggunakan Sakura Trains di sepanjang jalur yang sama. Namun kamu  harus membayar penuh jika ingin menggunakan Mizuho Shinkansen.

4. JR Trains yang menggunakan non – JR Tracks
Ada banyak kereta JR yang sebagian memanfaatkan jalur yang dimiliki oleh perusahaan kereta api yang berbeda. Dan Pemegang JR Pass harus membayar untuk jalur non JR.

5. Special Compartements dan berth
Kereta Malam ini tidak semuanya tercover oleh JR Pass, kamu harus membayar uang tambahan untuk menggunakan Kereta Malam ini.

6. Trains yang membutuhkan Liner Tickets
Ada sebagian kecil kereta Liner di pinggiran kota yang masih masuk JR seperti Home Liner yang harus membutuhkan Liner Ticket  khusus yang tida tercover oleh JR Pass.

7. Highway buses

Tempat membeli JR Pass
JR pass dapat kamu  beli secara online atau membeli dari agen-agen resmi JR yang ada di Indonesia.  JR Pass juga dapat kamu beli di beberapa stasiun yang sudah ditentukan di Jepang.  Stasiun-stasiun tersebut termasuk Narita Airport, Haneda Airport, Kansai Airport, Shin-Chitose Airport, Tokyo, Shinjuku, Nagoya, Osaka, Sapporo, Sendai, Niigata, Yokohama, Hiroshima, Takamatsu, dan Hakata.

Saat membeli JR Pass di Indonesia, kamu akan mendapatkan Exchange Order. Exchange Order ini yang nanti ditukarkan dengan JR Pass pada saat  tiba di Jepang.  Exchange Order dapat ditukarkan di kantor-kantor JR di beberapa lokasi seperti Narita Airport dan railway stations besar dan jangan lupa pada saat penukaran untuk membawa passport asli.

Masa berlakunya JR Pass
Masa berlaku JR Pass menggunakan hari kalender (midnight to midnight), bukan dengan hitungan 24-hour.  Contoh: Apabila JR Pass 7-days,  diaktifkan pada pkl. 15.00 hari ke-1, maka JR Pass akan habis masa berlakunya di hari ke-7 pkl. 24.00, bukan pkl. 15.00 hari ke-8.

Cara menggunakan JR Pass
Menggunakannya cukup mudah.  Di setiap stasiun kereta selalu ada pintu masuk khusus untuk JR yang berbeda dengan pintu masuk jalur kereta lain.  Pemilik JR Pass tidak dapat masuk melalui automatic ticket gates yang ada di setiap pintu masuk JR Lines.  Pergilah ke paling kiri / kanan, ke tempat dimana ada petugas stasiun dan tunjukkan JR Pass anda untuk masuk.  Begitu juga pada saat anda ingin keluar dari area JR, tunjukkan JR pass untuk keluar.

Keuntungan lainnya dengan menggunakan JR Pass

  • Free Seat Reservations. Sebagai pemegang JR Pass kamu bisa mendapatkan fasilitas gratis untuk reservasi tempat duduk. 
  • Diskon di beberapa hotel yang berafiliasi dengan JR Pass

Cara reservasi tempat duduk 
Mendatangi kantor JR dimana saja dan tunjukkan JR Pass kamu  untuk reservasi tempat duduk. 
Menyebutkan waktu dan  kota tujuan kamu, kemudian petugas akan membantu mencarikan kereta dan bangku yang tersedia untuk di-reserved. JR juga memiliki website untuk reservasi tempat duduk  secara online sampai dengan sebulan sebelum penggunaan.

Kereta-kereta yang harus reservasi tempat duduk diantaranya :

  • Narita Express (Tokyo - Narita Airport)
  • Hayabusa dan Hayate Shinkansen di jalur Tohoku/Hokkaido Shinkansen
  • Komachi Shinkansen di jalur Akita Shinkansen
  • Kagayaki Shinkansen di jalur Hokuriku Shinkansen
  • Sunrise Seto/Izumo Night Trains

Tips tambahan tentang JR Pass 

  • Untuk wisatawan yang membawa  anak-anak di bawah usia 6 tahun, tidak harus membeli JR Pass. 
  • Sebelum membeli JR Pass, pastikan itinerary kamu sudah fix. Website yang bisa kamu akses untuk melihat jadwal kereta, rute kereta dan waktu tempuh adalah  hyperdia.com, jprail.com.
  • Gunakan JR Pass Calculator, untuk menghitung biaya penggunaan JR Pass

Sekarang sudah paham kan manfaat, cara menggunakan dan masa berlakunya  JR Pass?
Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat buat kamu.


Informasi Paket Tour, Tiket Pesawat dan Hotel. Hubungi team support kami :
BAHANA TOUR
TRAVEL | HOLIDAY | EXPLORE
Tlp/Whatsapp : 081 3383 74482

ALAMAT :
JL. Gedung Batu Utara 1 No. 12A Semarang 50148
Follow Instagram : @bahana.tour
Website : www.bahanatour.net

No comments:

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel