-->

ad 1

12 Destinasi wisata di Yordania selain PETRA

Simak 12 Destinasi Wisata Yordania Selain PETRA 

Yordania, Negeri yang dijuluki Negeri para Nabi. Negeri yang berbatasan langsung dengan Arab Saudi di timur dan selatan, Irak di timur laut, Suriah di Utara serta Israel dan Tepi Barat di barat. Negeri ini menyimpan banyak situs peninggalan yang sarat sejarah, diantaranya yang  terkait langsung dengan sejarah perjalanan hidup dan dakwah para Nabi.
bahana tour semarang
Wadirum/pixabay
Lantas, destinasi wisata apa saja yang ditawarkan di negeri yang memiliki luas 92.300 kilometer persegi ini? 
Negeri ini menyuguhkan tidak kurang dari 10 kawasan wisata. Di antaranya Wadi Rum, Laut Mati, Teluk Aqaba, Gua Ashabul Kahfi, Makam Nabi Syuaib, Benteng Ajloun, Petra, Gereja Byzantium, Roman Theater, Hercules Temple, Masjid Umayyad, Masjid Al-Hussein dan Al Karak Castle.

Laut Mati (The Dead Sea)
Terletak tidak jauh dari ibukota Amman Laut Mati merupakan tempat terendah di permukaan bumi, yakni 408 meter di bawah permukaan laut. Lokasi wisata yang berkaitan dengan kisah perjuangan Nabi Luth Alaihissalam (AS). 
Alasan kenapa disebut Laut Mati karena tingginya kadar garam di Laut Mati yang mencapai 31,5% (9 kali lipat dari kadar garam laut normal) sehingga akan membuat orang mengapung saat berenang di laut ini. Selain itu di Laut Mati juga dapat ditemui lumpur hitam yang katanya sangat berkhasiat untuk kesehatan. Selain mengandung garam yang tinggi, Laut Mati juga banyak mengandung kalium, magnesium dan bromium.

Pohon Sahabi
Pohon yang menjadi saksi bisu pertemuan antara Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) dengan Biarawan Nasrani bernama Buhaira. Pohon ini ditemukan lagi oleh Pangeran Ghazi bin Muhammad dan otoritas pemerintah Yordania setelah 1400 tahun, ketika memeriksa arsip negara di Royal Archives.
Bersama beberapa ulama termasuk mufti besar Suriah, Syekh Ahmad Hassoun, Pangeran Ghazi mengadakan penelitian dan membuktikan bahwa pohon tua itulah yang disebutkan biarawan Buhaira. Pohon ini berada di wilayah padang pasir di utara Jordania dan masih hidup kokoh di tengah ganasnya gurun Jordania.

Petra
Situs Arkeologi yang berada di Jordania, berupa gunung-gunung tandus yang dipahat, dan dijadikan bangunan-bangunan luar biasa. Petra juga terkenal dengan sistem pengairannya yang canggih. Kawasan Petra dihuni suku Beduoin yang masih bias dijumpai. Petra juga disebut City of Rose yang luar biasa dipahat dari tebing batu oleh orang-orang Nabatea.

Benteng Ajloun
Benteng ini dibangun oleh Seorang Jenderal yang bernama Izz al Din Usamah, yang juga merupakan keponakan Salahuddin Al Ayubi. Dibangun di atas biara tua yang berada di atas perbukitan dengan pandangan ke seluruh kota Ajloun. Benteng ini dahulu berfungsi sebagai penangkal serangan pada saat perang salib.

Masjid Al Hussein
Masjid Al Hussein yang terletak di jantung kota Amman dan dekat dengan pasar Al Ballad merupakan masjid yang dibangun semasa kekuasan Khalifah Umar bin Khattab pada tahun 640M dan menjadi masjid tertua di Jordania.  Pernah runtuh dan pada tahun 1924, yang kemudian  dibangun kembali oleh Raja Abdullah I dengan desain bergaya Ottoman.

Makam Nabi Syuaib
komplek pemakaman yang sering dijadikan lokasi  ziarah umat Islam adalah Makam Nabi Syuaib AS. Makam yang terletak di arah barat laut kota Amman atau wilayah Salt ini pernah direnovasi dan kini terletak di dalam sebuah masjid.

Gua Ashabul Kahfi
Gua ini Lokasinya terletak di perkampungan Al Rajib atau dalam Al-Quran disebut Al Raqim hanya berjarak 1,5 kilometer dari kota Abu Alanda dekat kota Amman.
Gua ini merupakan tempat tujuh orang pemuda dan seekor anjing yang mendapat petunjuk setelah tertidur selama 309 tahun lamanya. Diceritakan dalam Al-Quran Surat Al Kahri, bahwa mereka melarikan diri dari kekejaman Raja Dikyanus. Reruntuhan 

Gereja Byzantium
Gereja yang dibangun sektar abad ke-5 ini tinggal hanya reruntuhan pilar-pilar bergaya Romawi. Terletak di komplek Citadel.

Roman Theater
Roman theater dibangun pada masa kekuasaan kaisar Marcus Aurelius (169-177 M). Theater berukuran besar dan curam ini mampu menampung 6000 penonton. Pada bagian tertinggi kursi di theater ini hingga kini masih disebut sebagai The God.

Hercules Temple
dinamai Hercules Tample dibangun tahun 162-166. Reruntutan pilar-pilar setinggi 33 kaki tampak sekali seperti sebuah bangunan yang belum selesai pembangunannya.

Masjid Umayyad
Masjid yang memiliki kubah mirip seperti Pac Man. Kubah masjid sudah tidak asli lagi dan baru saja direnovasi. Sejarah mencatat bahwa kota ini pernah dikuasai oleh bangsa Babylonia (abad 6 SM), Ptelemius (Abad 3 SM), Rioma (abad 1 SM) dan dinasti Umayyad (abad 7).

Al-Karak Castle
Castil yang berlokasi kota Karak, berjarak sekitar 129 kilometer sebelah selatan Kota Amman. Berada di ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut mati.

Wadi Rum
Padang pasir yang kerap dikunjungi wisawatan dunia hingga selebriti, cuaca panas tidak menyurutkan wisatawan untuk menguji andrenalin dengan mengendarai jip ditengah padang pasir

Ternyata selain petra, masih banyak destinasi wisata yang bisa kamu explore kan ?

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel