Museum Eastman, Museum untuk pecinta Fotografi di Kota Rochester, New York

Museum Eastman, Museum untuk pecinta  Fotografi di Kota Rochester, New York

Traveling bukanlah kegiatan yang hanya mengunjungi kota-kota yang penuh dengan pemandangan indah atau banyak terdapat bangunan-bangunan bersejarah. Salah satu tempat yang dapat kamu jadikan tujuan wisata adalah Museum, terlebih jika kamu seorang traveler yang juga seorang penggemar fotografi

Seperti dilansir laman destinasian.co.id. Adalah Museum Eastman yang merupakan Museum tertua di dunia, museum ini dirikan oleh George Eastman, pendiri dari perusahaan Kodak. Museum Eastman diresmikan pada tahun 1949, dan museum ini didedikasikan bagi para fotografi. Sebelum menjadi museum, rumah gigantik yang berdiri kompleks Colonial Revival seluas 3.251 meter persegi ini adalah rumah pribadi George Eastman yang ditempati hingga beliau meninggal dunia pada  tahun 1932.
source image eastman.org
George Eastman merupakan pelopor dalam mengembangkan kamera yang mudah di gunakan oleh semua orang, pria ini juga dikenal sebagai seorang teladan dan banyak dikagumi oleh masyarakat luas.
Perusahaan yang didirikannya, Eastman Kodak Company, berperan sangat vital dalam menyediakan landasan bagi berkembangnya industri kamera dan motion picture. Rol film adalah produk monumental Kodak, menggantikan film negatif berbentuk pelat. Begitu iconic produk ini hingga Kodak sempat menjadi kata generik untuk semua film negatif.

Di Eastman Museum, pengunjung dapat melihat bagaimana sosok George Eastman seorang pelaku bisnis yang dikenal dermawan dan visioner semasa hidupnya, dan juga merupakan  seorang pelopor perkembangan kamera. Mulai dari mengembangkan teknik photofinishing dan flexible film. Salah satu yang menarik di museum  adalah Dryden Theatre yang dibangun pada 1951. Ruang dengan kapasitas 500 kursi ini secara reguler akan memutar film-film klasik hitam-putih, film dari masa awal layar warna, serta film kontemporer. Museum ini aktif menggelar kegiatan seperti film screening, pertunjukan musik, talkshow, workshop, garden tour, dan mansion tour. 


Karya-karya besar dari Thomas Edison hingga Spike Lee juga dapat kamu temui di museum ini, dan untuk pertama kalinya di dunia museum ini menginisiasi Nitrate Picture Show, festival khusus konservasi film yang digelar tiap tahun hingga sekarang.
Eastman Museum menjalankan misi untuk mengumpulkan, melestarikan, mempelajari, serta memamerkan objek fotografi dan sinematografi.

Dalam dunia pendidikan, Eastman Museum bekerja sama dengan University of Rochester untuk program pascasarjana dalam pelestarian film dan foto serta manajemen arsip atau koleksi. Beragam agenda juga dapat diakses melalui situs resminya di eastman.org.

Eastman Museum berlokasi di Distrik East Avenue, kota Rochester, New York, yang terbuka untuk umum, buka hari Selasa-Sabtu jam 10 pagi – jam 5 sore waktu setempat, dan hari Minggu jam 11 pagi -  jam 5 sore waktu setempat.

No comments:

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel