-->

Hagia Sophia Sejarah dan Seni yang Menembus Batas

Hagia Sophia Sejarah dan Seni yang Menembus Batas

Berkunjung ke Istambul,  Turki, ada banyak tempat wisata dan bangunan-bangunan yang sangat artistik, salah satu bangunan yang artistis tersebut adalah HAGIA SOPHIA.

sejarah hagia sophia turki

SEJARAH HAGIA SOPHIA
Dibangun pada tahun 390M, dahulu Hagia Sophia adalah sebuah Gereja dengan nama Megale Ecclesia, kemudian pada tahun 404M Gereja ini mengalami kebakaran yang menyebabkan kehancuran dari semua bangunan. Hingga di tahun 415M, Theodosius dilokasi yang sama membangun gereja yang lebih besar, namun karena pemberontakan oleh Nika di tahun 532M, bangunan gereja tersebut kembali hancur.

Setelah pemberontakan berakhir dan masih ditahun  532M, Kaisar Justinian I memerintahkan arsitek Anthemius dari Tralles dan Isidorus dari Miletus untuk mendirikan Gereja, yang kemudian diresmikan pada 27 Desember 537M. Dan bangunan Gereja ini bertahan selama  900 tahun.

Pada tahun 1453M ketika Konstatinopel berhasil di taklukkan oleh Sultan Mehmed II, beliau merubah Gereja Hagia Sophia menjadi Masjid dengan nama Turki Aya Sophia tanpa merubah sedikitpun dari struktur bangunan aslinya. Hanya menutupi beberapa mozaik gambar berbentuk manusia dengan lapisan lain, dan mengganti dengan kaligrafi Kufic bertuliskan Allah, Muhammad dan keempat sahabat Nabi.

Selama 500 tahun Hagia Sophia berfungsi sebagai Masjid dan juga dijadikan sebagai model bagi masjid-masjid jaman Ottoman seperti Mesjid Sultan Ahmed (Blue Mosque), Masjid Sehzade, Masjid Suleymaniye dan Masjid Rustem Pasha.
Kemudian pada tahun 1985, Pemerintah Turki memutuskan untuk menjadikan Hagia Sophia sebagai museum.
Keputusan ini dilakukan atas perintah Presiden pertama Turki yang bernama Mustafa Kemal Attaturk. Hagia Sophia kini adalah Museum yang telah  ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia
aya sophia turki

Fakta lain Hagia Sophia

  • Terdapat 40 jendela di sekeliling dari dasar kubah, sehingga kubah ini memiliki kualitas cahaya yang sangat indah. Tinggi kubah  mencapai 50 meter dan memiliki diameter 30 meter.
  • Hagia Sophia memiliki  empat menara setinggi 60 meter. 
  • Pada saat perubahan dari Gereja menjadi Masjid, Mozaik-mozaik yang bergambar Yesus dan kaisar-kaisar disembunyikan oleh Ottoman dengan ditutup cat kuning, ataupun plesteran kecuali gambar Maria.
  • Hagia Sophia memiliki dua tingkat. Galeri yang berada di lantai dua digunakan sebagai tempat kekaisaran, permaisuri dan kaisar menghadiri kebaktian.
  • Pada saat renovasi di masa kekaisaran Justinian, dekorasi interior banyak dihiasi dengan marmer & mozaik-mozaik yang beragam motifnya dari unsur tanaman maupun hewan. Motif mozaik pun menggambarkan berbagai karakter mulai dari Yesus, orang suci hingga kaisar-kaisar. 
  • Hagia Sophia kini menjadi bangunan yang identik dengan perkembangan politik, agama, serta seni arsitektur Turki dan ramai dikunjungi oleh para turis dari berbagai negara. Hagia Sophia telah  menjadi inspirasi dari buku, bahkan film, seperti Inferno yang diangkat dari novel karya Dan Brown 

Tips mengunjungi Hagia Sophia

  • Datang lebih awal, untuk mengindari antrian yang panjang. Museum ini mulai buka jam 9 pagi.
  • Bawa kamera, karena akan banyak spot yang luar biasa indah untuk kamu abadikan
  • Jika malas untuk mengantri,beli lah museum pass
  • Lokasi Hagia Sophia berseberangan dengan the Blue Mosque. Jika kamu naik tram, ambil jurusan jurusan T1, dan turunlah di stasiun Sultan Ahmet, jarak tempuh dari stasiun Sultan Ahmet menuju Hagia Sopia hanya 3 menit 


No comments:

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel